School Camp 2019 TK Negeri Pembina 1 Kota Malang dengan tema

School Camp 2019  TK Negeri Pembina 1 Kota Malang dengan tema
Kegiatan School Camp

Undang Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3 yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional jelaslah bahwa pendidikan di setiap jenjang termasuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan tersebut. Hal ini berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik sehingga kelak mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat.

            Bertepatan dengan tema “Alam semesta” maka TK Negeri Pembina 1 Kota Malang melaksanakan kegiatan “School Camp”. Kegiatan ini untuk memupuk keakraban diantara teman-teman di sekolah, mengajak anak untuk cinta terhadap alam semesta, menciptakan suasana yang menyenangkan dengan menghadirkan kehidupan yang nyata bagi anak. Kegiatan berkemah sendiri dihadirkan untuk menciptakan pembelajaran secara terintegrasi. Anak belajar merasakan suasana baru lebih dekat dengan alam, saling bekerjasama, membantu secara sederhana, tanggung jawab kerapian terhadap dirinya, berbagi tempat di tenda.

 Dalam kegiatan “ School Camp” ini anak-anak mengikuti beberapa kegiatan dimana semua kegiatan bertujuan untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab, meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan teman dan guru, mengenalkan alam semesta kepada peserta didik. Kemandirian, rasa tanggung jawab akan tampak pada semua kegiatan dari awal sampai akhir. Anak-anak belajar untuk mandiri dan bertanggung jawab dengan  perlengkapan diri mulai dari pakaian maupun peralatan makan. Pembiasaan melaksanakan kegiatan keagamaan dengan berdoa bersama atau melaksanakan ibadah sholat untuk yang beragama islam. Sportivitas kita pupuk dengan kegiatan bermain game indoor dan outdoor dimana anak dilatih untuk bisa menghargai keunggulan teman dan bersemangat untuk berusaha lebih baik lagi.. Kemampuan bersosialisasi akan tampak dengan bagaimana mereka merasa nyaman bersama teman-teman dan guru di sekolah tanpa di dampingi orang tua meskipun hanya satu hari. Mengenalkan alam semesta dengan menghadirkan secara nyata menciptakan suasan berkesan dengan kegiatan malam puncak yaitu api unggun sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa dengan kegiatan berdoa bersama.