Role Playing tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Role Playing merupakan metode pembelajaran ini tergolong sangat praktis dengan model yang selalu tersedia karena melibatkan siswa sendiri untuk memainkan peran sebagai muatan listrik dalam suatu atom.

Role Playing tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Penerapan metode pembelajaran tidak terlepas dari media pembelajaran yang akan digunakan. Banyak media pembelajaran yang digunakan, baik itu bersifat konvensional (tradisional) maupun yang berkembang mengikuti pesatnya perkembangan teknologi.

Menurut pengalaman penulis dalam mengajar mata pelajaran IPA jenjang Sekolah Mengengah Pertama, sebagian besar siswa mengalami kesulitan untuk memahami konsep kelistrikan secara nyata. Ditunjukkan pula dengan aktivitas keterlibatan siswa dalam belajar yang rendah. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk menjelaskan konsep kelistrikan. listrik. Konsep Kelistrikan dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari merupakan materi yang rumit dan sukar untuk dipahami. Banyak konsep yang memerlukan imajinasi tinggi untuk memahaminya. Sesuatu yang nyata keberadaannya tetapi sulit untuk dilihat wujudnya. Muatan listrik ibarat udara yang tidak bisa dilihat, tetapi bisa dirasakan.

Perlu adanya perbaikan penerapan metode pembelajaran dari metode konvensional ceramah beralih ke metode yang kreatif untuk melibatkan siswa sebagai pemerannya. metode ini dapat mengajak siswa berpartisipasi aktif untuk mengembangkan imajinasi dan kreatif untuk mendeskripsikan hal yang bersifat abstrak tersebut menjadi sesuatu yang mudah dibayangkan dan dimengerti. Metode pembelajaran ini tergolong sangat praktis dengan model yang selalu tersedia karena melibatkan siswa sendiri untuk memainkan peran (role playing) sebagai muatan listrik dalam suatu atom. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan penulis diperoleh data Penggunaan teknik role playing telah memberikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Puhpelem Tahun Pelajaran 2015/2016.