RIHLAH TARBIYAH, GUYUB RUKUN

RIHLAH TARBIYAH, GUYUB RUKUN
RIHLAH TARBIYAH, GUYUB RUKUN
RIHLAH TARBIYAH, GUYUB RUKUN

Pagi ini, Hari Sabtu 14 Desember 2019 Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kecamatan Bumiaji-Kota Batu mengadakan rihlah tarbiyah.

Rihlah Tarbiyah kali ini mengambil rute Wali Lima di Jawa Timur. Bus rombongan Rihlah Tarbiyah berangkat dari Kota Batu mulai pukul 05.00 WIB. Tujuan pertama Sunan Bonang, lanjut Sunan Gresik, Sunan Giri dan Sunan Ampel. 

Dalam perjalanan kembali dari Sunan Bonang, jamaah rihlah menyempatkan diri untuk singgah ke Masjid Namira. Masjid ini terkenal dengan keindahan, kebersihan dan kenyamanannya untuk ibadah. Jamaah melakukan bersih diri dan istirahat sejenak sambil menunggu waktu shalat magrib.

 Ustadz Musta'in, M.Ag., di sela-sela jeda istirahat menuturkan bahwa acara ini memiliki beberapa manfaat dan tujuan.
Pertama adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Kedua untuk mempererat tali persaudaraan dan keakraban guru-guru agama se Kecamatan Bumiaji. Ketiga untuk menambah wawasan tentang tentang budaya Islam dan penyebaran agama Islam khususnya di Jawa Timur.

Keempat, untuk membentuk karakter guru agama agar lebih mencintai tentang sejarah-sejarah Islam. Sehingga bisa ditularkan kepada anak didik kita agar mengenal tentang Islam yang berkembang di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Islam yang dibawa dengan penuh kedamaian, melalui dakwah Walisongo bilhikmah wal mauidhotil hasanah.

"Rihlah Tarbiyah ini juga menjadi momentum untuk mempererat persahabatan dan persaudaraan antar guru PAI se-Kecamatan Bumiaji, baik yang masih aktif, sudah purna, ataupun mutasi kerja." Ungkap pemilik pesantren Yatim Piatu di Ngantang ini.

Senada dengan itu, Gus Ipul, begitu panggilan GPAI dari SDN Giripurno 02 Bumiaji, menuturkan "Acara ini sangat bagus. Perlu diadakan lagi tahun depan."

 Roichatul Hasanah juga menanggapi " KKG PAI  Bumiaji kompak dan rukun. Saya sangat bangga dengan persaudaraan ini. Insyaallah bersaudara hingga jannah. Amiin." Ungkap guru SDN Tulungrejo 05 Kota Batu itu.