Pendidikan di Era Modern

Pendidikan di Era Modern Pada era sekarang ini, kehidupan begitu maju dalam berbagai bidang kehidupan, seperti ilmu dan teknologi. Perkembangan teknologi telah merambah di berbagai bidang, antara lain bidang komunikasi, transportasi, kesehatan, pendidikan, industry, pertanian, dan sebagainya. Termasuk di dalam dunia pendidikan sekarang ini, teknologi berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran tidak berjalan secara konvensional, tetapi telah menggunakan teknologi modern. Penerapan teknologi modern dalam bidang pendidikan antara lain untuk perncanaan pendidikan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan. Dalam perencanaan pembelajaran, guru diharapkan mampu merencanakan pembelajaran dengan dibantu oleh perangkat komputer. Pembuatan perangkat pembelajaran seperti RRP, Silabus, Kriteria kelulusan minimal. Selanjutnya, guru diharapkan dapat melaksanakan pembelajaran juga menggunakan teknologi informatika, seperti computer, LCD, dan internet untuk membantuk meningkatkan mutu pembelajaran. Siswa diharapkan aktif dalam pembelajaran. Siswa tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan dari guru, tetapi ia harus proaktif dalam mendapatkan ilmu dan pengetahuan, baik dari lingkungan nyata maupun laman internet. Inilah yang disebut pembelajaran aktif dan kreatif. Dalam evaluasi pembelajaran, guru juga diharapkan menggunakan teknologi informatika yang dikenal dengan CBT atau penilaian berbasis computer kelebihan dari penilaian berbasis computer adalah hasilnya akan diketahui secara cepat. Kelemahan pembelajaran berbasis computer adalah 1. Banyak tenaga pendidik yang belum mahir computer, dan internet 2. Sarana dan prasarana berupa computer dan perangkatnya belum tersedia secara memadai di sekolah, termasuk internet belum bisa diakses dengan baik

Pendidikan di Era Modern

Pendidikan di Era Modern

Pada era sekarang ini, kehidupan begitu maju dalam berbagai bidang kehidupan, seperti ilmu dan teknologi. Perkembangan teknologi telah merambah di berbagai bidang, antara lain bidang komunikasi, transportasi, kesehatan, pendidikan, industry, pertanian, dan sebagainya.

Termasuk di dalam dunia pendidikan sekarang ini, teknologi berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran.  Pembelajaran tidak berjalan secara konvensional, tetapi telah menggunakan teknologi modern. Penerapan teknologi modern dalam bidang pendidikan antara lain untuk perncanaan pendidikan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan.

Dalam perencanaan pembelajaran, guru diharapkan mampu merencanakan pembelajaran dengan dibantu oleh perangkat komputer. Pembuatan perangkat pembelajaran seperti RRP, Silabus, Kriteria kelulusan minimal. Selanjutnya, guru diharapkan dapat melaksanakan pembelajaran juga menggunakan teknologi informatika, seperti computer, LCD, dan internet untuk membantuk meningkatkan mutu pembelajaran. Siswa diharapkan aktif dalam pembelajaran.

Siswa  tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan dari guru, tetapi ia harus proaktif dalam mendapatkan ilmu dan pengetahuan, baik dari lingkungan nyata maupun laman internet. Inilah yang disebut pembelajaran aktif dan kreatif.

Dalam evaluasi pembelajaran, guru juga diharapkan menggunakan teknologi informatika yang dikenal dengan CBT atau penilaian berbasis computer kelebihan dari penilaian berbasis computer adalah hasilnya akan diketahui secara cepat.

Kelemahan pembelajaran berbasis computer adalah

  1. Banyak tenaga pendidik yang belum mahir computer, dan internet
  2. Sarana dan prasarana berupa computer dan perangkatnya belum tersedia secara memadai di sekolah, termasuk internet belum bisa diakses dengan baik