Semua Terasa Indah Bila Dipandang Dengan Cinta

Semua Terasa Indah Bila Dipandang Dengan Cinta
semua terasa indah denga cinta

Dalam benak saya saat ini adalah menjadi guru merupakan sebuah panggilan hati. Bagaimana tidak?  Ia memanggil-manggil langkah kesana kemari guna merubah tujuan hidup dengan dasar mendidik sudah menjadi bagian dari cinta. Why?? Guru telah mengajarkan bahwa 'Semua Terasa Indah Bila Dipandang Dengan Cinta' .. Yaa,  guru menaruh cinta diatas profesinya, seorang guru berjalan memasuki kelas dan menatap anak-anak dengan penuh cinta maka kebahagiaan tak terkira dirasakan. Guru mengajarkan bahwa semua yg dipandang dengan cinta pasti akan indah.

Banyak yg tak faham bahwa bagaimana cinta itu berbicara, ketika seorang guru bertemu anak-anak duduk diam mendengar keluh kesahnya,  atau ada satu di antara mereka yang menceritakan pengalaman menariknya dengan cerita yang terkadang berantakan alur dan isinya namun seru menurut dia, disitulah cinta mulai berbicara walau terkadang guru tidak memahami apa yang dia ceritakan namun guru selalu menikmatinya,,  lagi-lagi guru mengajarkan bahwa semua indah bila dipandang dengan cinta.  Saat mereka tertawa,  seorang guru akan jauh lebih bahagia. Namun saat mereka sedih, justru guru lebih sedih dibanding mereka,  karena seseorang guru akan sangat bersalah apabila kesedihan melanda mereka dan guru pun akan melakukan apapun itu agar mereka kembali bahagia. Sungguh guru membuktikan bahwa cinta yg tulus itu memang benar adanya.

Menjadi seorang guru juga merupakan sebuah panggilan jiwa, dan tak banyak orang bisa menerima. Karena sebagian orang memandang menjadi seorang guru dengan pandangan 'harga' bukan 'cinta'. Memang bila difikir secara mendalam menjadi guru itu memiliki tugas yang sangat berat, bagaimana tidak???  Sebuah tugas yg diemban untuk melahirkan manusia yang unggul dengan dihadapkan kenyataan bahwa setiap hari orang lain menitipkan anak-anaknya ke pangkuan guru, namun guru pasti menerima dengan senyum indah di wajahnya.

Seorang guru bisa berhadapan dengan banyak anak di dalam kelasnya,  tentunya dengan pribadi dan permasalahan yang berbeda-beda. Yaaa..  Sangat luar biasa dengan harus memiliki kemampuan kolaborasi olah pikiran dan hati yang baik sehingga bisa menghasilkan ucapan dan perilaku yang baik guna bisa di contoh oleh mereka. Di setiap harinya guru selalu di tuntut untuk memberikan solusi bagi berbagai problem yang ada di masing-masing anak, berarti seorang guru di tuntut untuk selalu terlihat bahagia walaupun terkadang hatinya tak benar-benar bahagia di hari itu. Sekali lagi, kalau bukan karena cinta dan kasih sayang yang ada di benaknya, apa yang membuat guru bisa bertahan??? Jika menjadi seorang guru bukan panggilan hati, lantas apa yang bisa membuat guru begitu sabar dan tekun di setiap hari.

Sekali lagi menjadi guru mengajarkan bahwa semua terasa indah bila dipandang dengan cinta.

 

Batu, 11 Mei 2020

Goresan Relawan