MENGENAL REMPAH BUMBU DAPUR BAGI GENERASI MILENIAL

MENGENAL REMPAH BUMBU DAPUR BAGI GENERASI MILENIAL

MENGENAL REMPAH BUMBU DAPUR BAGI GENERASI MILENIAL

 

 

Bagi kaum wanita Indonesia bumbu dapur tidak asing baginya. Bumbu dapur identik dengan rempah-rempah yang selalu digunakan dalam masakan Indonesia. Indonesia kaya akan rempah-rempah yang beraneka ragam. Tumbuhan rempah-rempah tumbuh subur di wilayah Indonesia. Sejak zaman penjajahan, Indonesia sudah di kenal dengan penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Hal inilah yang menjadi bagian sejarah bagi bangsa Indonesia yang tak akan terpisahkan dalam pergerakan bangsa. Sehingga bangsa eropa datang ke Indonesia dan memperebutkan kekuasaannya di tanah rempah-rempah di Maluku. Banyak sekali aneka ragam rempah yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.  Tumbuhan rempah berupa tanaman seperti bunga, buah, kulit, batang, umbi, daun, rimbang dan tumbuhan lainnya. Aneka khas tumbuhan rempah dan bumbu dapur banyak di budidayakan di Inodesia adalah seperti lada, cengkeh, kayu manis, pala, jahe, jintan, biji pala, kencur, kluwak, kemiri, kapulaga, daun salam, kunyit, lengkuas, serai. Bunga lawang, asam jawa  dan lainnya. Tumbuhan ini merupakan bahan-bahan alami yang dapat di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dalam menerapkan pola hidup sehat.

 

Rempah-rempah ini mempunyai berbagai khasiat bagi kesehatan yang dapat menghangatkan badan atau mengobati. Selain itu rempah-rempah ini juga digunakan sebagai bumbu dalam meracik masakan khas Indonesia. Seiring perkembangan zaman di mana masyarakat sudah dapat menikmati rempah-rempah melalui produk makanan olahan produksi Indonesia. Di mana rempah-rempah sudah din kemas menjadi sebuah olahan produksi misalnya Ladaku, Ketumbarku, sambal indofood dan bumbu-bumbu resep makanan lainnya, bahkan Indomie dengan berbagai aneka rasa masakan khas Indonesia yang praktis dalam sebuah kemasan yang praktis.

 

Beranekaragaman produksi dari rempah-rempah ini yang tak akan terpisahkan dari sejarah bangsa Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia yang memahami sejarah bangsa kita harus dapat menjaga dan pengetahui kekayaan alam yang harus dilestarikan serta menjadi warisan generasi penerus bangsa. Untuk mengenal dan menjaga kelestarian kekayaan alam tanaman rempah-rempah  bangsa kita, mari kita kenal satu persatu agar tetap menjadi warisan leluhur bagi generasi bangsa untuk masa yang akan datang.